KODE ETIK ICF

 KODE ETIK ICF

Kode Etik ICF terdiri dari lima Bagian Utama:

1.       PENDAHULUAN

2.       DEFINISI-DEFINISI KUNCI

3.       NILAI-NILAI INTI DAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA ICF

4.       STANDAR ETIKA

5.       IKRAR

 

1.      PENDAHULUAN

Kode Etik ICF mendeskripsikan nilai-nilai pokok dari Internasional Coaching Federation (Nilai-Nilai Pokok ICF), dan prinsip-prinsip etika serta standar perilaku yang etis untuk semua Profesional ICF (lihat definisi). Terpenuhinya standar perilaku etis ICF ini adalah merupakan kompetensi pertama dari seluruh kompetensi coaching utama ICF (Kompetensi Inti ICF). Yaitu "Menunjukkan praktik yang etis: memahami dan secara konsisten menerapkan etika dan standar coaching."

Kode Etik ICF berfungsi untuk menegakkan integritas ICF dan profesi coaching secara global dengan

-        Menetapkan standar perilaku yang konsisten dengan nilai-nilai inti ICF dan prinsip-prinsip etika.

-        Memandu proses refleksi, pendidikan, dan pengambilan keputusan yang beretika

-        Menegakkan dan mempertahankan standar coach ICF melalui proses Peninjauan Perilaku Etis (Ethical Conduct Review-ECR) ICF

-        Memberikan dasar bagi pendidikan etika ICF dalam program-program yang terakreditasi ICF

Kode Etik ICF berlaku ketika para Profesional ICF merepresentasikan diri mereka, dalam segala jenis interaksi yang berhubungan dengan Coaching. Hal ini dilakukan tanpa memandang apakah Hubungan Coaching (lihat definisi) telah terjalin. Kode Etik ini mengartikulasikan kewajiban-kewajiban etis para Profesional ICF yang bertindak dalam peran mereka yang berbeda sebagai Coach, supervisor coach, mentor coach, pelatih atau coach peserta pelatihan, atau yang bertugas dalam peran Kepemimpinan ICF, serta Personil Pendukung (lihat definisi).

Meskipun proses Peninjauan Perilaku Etis (Ethical Conduct Review/ECR) hanya berlaku untuk para Profesional ICF, seperti halnya Ikrar, Staf ICF juga berkomitmen terhadap perilaku etis serta Nilai-Nilai Inti dan Prinsip-Prinsip Etis yang mendukung kode etik ICF ini.

Tantangan dalam bekerja berdasarkan etika berarti bahwa para anggota pasti akan menghadapi situasi yang membutuhkan tanggapan terhadap isu-isu yang tidak terduga, penyelesaian dilema, dan solusi terhadap masalah. Kode Etik ini dimaksudkan untuk memberi panduan bagi mereka yang terikat pada Kode Etik ini dengan mengarahkan mereka pada beragam faktor etis yang perlu dipertimbangkan dan juga untuk membantu mengidentifikasi cara-cara alternatif dalam melakukan pendekatan terhadap perilaku etis.

Para Profesional ICF yang setuju dengan Kode Etik ini akan berusaha untuk bersikap etis, bahkan ketika harus mengambil keputusan yang sulit atau bertindak dengan berani.

2.      DEFINISI-DEFINISI KUNCI

-        "Klien" - individu atau tim/kelompok yang dicoaching, coach yg dimentori atau disupervisi, atau di coach atau seorang peserta pelatihan coaching.

-        "Coaching" - bermitra dengan Klien untuk mendorong pemikiran dan proses kreatif dalam menginspirasi mereka untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional mereka.

-        "Hubungan Coaching" - hubungan yang dibangun oleh Profesional ICF dan Klien/Sponsor di bawah perjanjian atau kontrak yang mendefinisikan tanggung jawab dan harapan masing-masing pihak.

-        "Kode"-Kode Etik ICF

-        "Kerahasiaan"-perlindungan terhadap informasi apa pun yang diperoleh seputar keterlibatan coaching kecuali jika ada persetujuan untuk membukanya.

-        "Konflik Kepentingan"-situasi di mana seorang Profesional ICF terlibat dalam berbagai kepentingan di mana melayani satu kepentingan dapat bertentangan dengan kepentingan lainnya. Hal ini dapat berupa kepentingan finansial, pribadi, atau lainnya.

-        "Kesetaraan"-situasi di mana semua orang mengalami inklusi, akses ke sumber daya dan kesempatan, terlepas dari ras, etnis, asal kebangsaan, warna kulit, jenis kelamin, orientasi seksual, identitas gender, usia, agama, status imigrasi, disabilitas mental atau fisik, dan area perbedaan manusia lainnya.

-        "Profesional ICF"-individu yang mewakili diri mereka sendiri sebagai Anggota ICF atau pemegang Kredensial ICF, dalam peran mencakup namun tidak terbatas pada Coach, Coach Supervisor, Coach Mentor, Coach Trainer, dan Peserta pelatihan pendidikan coaching

-        "Staf ICF" - personil pendukung ICF yang dikontrak oleh perusahaan pengelola yang menyediakan layanan manajemen dan administrasi profesional atas nama ICF.

-        " Internal Coach " - seorang individu yang dipekerjakan dalam sebuah organisasi dan melatih baik paruh waktu atau penuh waktu karyawan organisasi tersebut.

-        "Sponsor" - entitas (termasuk perwakilannya) yang membayar dan/atau mengatur atau menentukan layanan coaching yang akan diberikan.

-        "Personil Pendukung"-orang-orang yang bekerja untuk para Profesional ICF untuk mendukung Klien mereka.

-        "Kesetaraan sistemik" - kesetaraan gender, kesetaraan ras, dan bentuk-bentuk kesetaraan lainnya yang dilembagakan dalam etika, nilai-nilai inti, kebijakan, struktur, dan budaya komunitas, organisasi, negara, dan masyarakat.

 

3. NILAI-NILAI INTI DAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA ICF

Kode Etik ICF didasarkan pada Nilai-Nilai Inti ICF (Professionalism. Collaboration. Humanity. Equity) dan berbagai perilaku yang mengalir dari nilai-nilai tersebut. Semua nilai sama pentingnya dan saling mendukung satu sama lain. Nilai-nilai ini bersifat aspiratif dan harus digunakan sebagai cara untuk memahami dan menginterpretasikan seluruh standar. Semua Profesional ICF diharapkan untuk menunjukkan dan menyebarkan Nilai-Nilai ini dalam semua interaksi mereka.

4.     STANDAR ETIKA

Standar etika berikut ini diterapkan pada kegiatan profesional para Profesional ICF:

Bagian I - Tanggung jawab kepada klien

Sebagai seorang Profesional ICF, saya

1.            Menjelaskan dan memastikan bahwa, sebelum atau pada pertemuan awal, Klien dan Sponsor coaching, memahami hakikat dan potensi nilai coaching, hakikat dan batasan kerahasiaan, kesepakatan mengenai keuangan, serta ketentuan lain dalam perjanjian coaching.

2.            Membuat perjanjian/kontrak mengenai peran, tanggung jawab, dan hak-hak semua pihak yang terlibat dengan Klien(-Klien) dan Sponsor(-Sponsor) sebelum memulai layanan.

3.            Menjaga tingkat kerahasiaan yang paling tinggi dengan semua pihak sebagaimana disepakati. "Saya mengetahui dan setuju untuk mematuhi semua hukum yang berlaku yang berkaitan dengan data dan komunikasi pribadi."

4.            Memiliki pemahaman yang jernih tentang bagaimana informasi dipertukarkan di antara semua pihak yang terlibat dalam semua interaksi pelatihan.

5.            Memiliki pemahaman yang jelas dengan Klien dan Sponsor atau pihak-pihak yang berkepentingan tentang kondisi di mana informasi tidak akan dirahasiakan (misalnya, aktivitas ilegal, jika diwajibkan oleh hukum, sesuai dengan perintah pengadilan yang sah atau panggilan pengadilan; risiko bahaya yang akan terjadi atau kemungkinan besar terhadap diri sendiri atau orang lain; dll.). "Jika saya yakin bahwa salah satu dari keadaan di atas berlaku, saya mungkin perlu memberi tahu pihak yang berwenang."

6.            Ketika bekerja sebagai Coach Internal, konflik kepentingan atau potensi konflik kepentingan dengan Klien dan Sponsor dikelola berdasarkan perjanjian coaching dan dialog yang berkesinambungan. Hal ini harus mencakup penanganan peran, tanggung jawab, hubungan, catatan, kerahasiaan, dan persyaratan pelaporan lainnya.

7.            Memelihara, menyimpan, dan membuang catatan apa pun, termasuk file elektronik dan komunikasi, yang dibuat selama interaksi profesional saya dengan cara yang mengedepankan kerahasiaan, keamanan, dan privasi, serta mematuhi hukum dan perjanjian yang berlaku. Selain itu, saya berupaya untuk memanfaatkan perkembangan teknologi yang muncul dan berkembang dengan baik yang digunakan dalam layanan pelatihan (layanan pelatihan berbantuan teknologi) dan menyadari berbagai standar etika yang berlaku untuk hal tersebut.

8.            Tetap waspada terhadap indikasi bahwa mungkin ada pergeseran nilai yang diterima dari hubungan coaching. Jika demikian, lakukan perubahan dalam hubungan tersebut atau sarankan Klien/Sponsor untuk mencari pelatih lain, mencari profesional lain, atau menggunakan sumber daya lain.

9.            Menghormati hak semua pihak untuk mengakhiri hubungan coaching kapan saja dengan alasan apa pun selama proses coaching dengan tetap mengacu pada ketentuan dalam perjanjian.

10.         Saya peka terhadap implikasi dari memiliki beberapa kontrak dan hubungan dengan Klien dan Sponsor yang sama pada saat yang sama untuk menghindari situasi konflik kepentingan.

11.         Menyadari dan secara aktif mengelola perbedaan wewenang atau status antara Klien dan saya yang mungkin disebabkan oleh masalah budaya, hubungan, psikologis, atau kontekstual.

12.         Mengungkapkan kepada Klien saya potensi penerimaan kompensasi, dan manfaat lain yang mungkin saya terima karena merujuk Klien saya kepada pihak ketiga.

13.         Memastikan kualitas coaching yang konsisten terlepas dari jumlah atau bentuk kompensasi yang disepakati dalam hubungan apa pun.

 

Bagian II - Tanggung jawab terhadap praktik dan kinerja

Sebagai seorang Profesional ICF, saya

14.         Mematuhi Kode Etik ICF dalam semua interaksi saya. Ketika saya mengetahui adanya kemungkinan pelanggaran Kode Etik oleh diri saya sendiri atau saya mengetahui adanya perilaku yang tidak etis pada Profesional ICF lainnya, saya akan mengangkat masalah ini dengan rasa hormat kepada pihak-pihak yang terlibat. Jika hal ini tidak menyelesaikan masalah, saya akan menyerahkannya kepada otoritas formal (misalnya, ICF Global) untuk diselesaikan.

15.         Mewajibkan kepatuhan terhadap Kode Etik ICF oleh semua Tenaga Penunjang.

16.         Berkomitmen terhadap mutu melalui pengembangan pribadi, profesional dan etika yang berkelanjutan.

17.         Mengakui keterbatasan atau keadaan pribadi saya yang dapat mengganggu, bertentangan dengan atau mengganggu kinerja coaching atau hubungan coaching profesional saya. Saya akan meminta dukungan untuk menentukan tindakan yang harus diambil dan, jika perlu, segera mencari bimbingan profesional yang relevan. Hal ini mungkin termasuk menangguhkan atau mengakhiri hubungan kepelatihan saya.

18.         Menyelesaikan setiap konflik kepentingan atau potensi konflik kepentingan dengan menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak-pihak yang relevan, mencari bantuan profesional, atau menangguhkan sementara atau mengakhiri hubungan profesional.

19.         Menjaga privasi Anggota ICF dan menggunakan informasi kontak Anggota ICF (alamat email, nomor telepon, dan sebagainya) hanya sebagaimana diizinkan oleh ICF atau Anggota ICF.

Bagian III - Tanggung jawab terhadap profesionalisme

Sebagai seorang Profesional ICF, I:

20.         Mengidentifikasi secara akurat kualifikasi coaching saya, tingkat kompetensi coaching, keahlian, pengalaman, pelatihan, sertifikasi dan Kredensial ICF.

21.         Membuat pernyataan lisan dan tertulis yang benar dan akurat tentang apa yang saya tawarkan sebagai seorang Profesional ICF, apa yang ditawarkan oleh ICF, profesi coaching, dan nilai potensial dari coaching.

22.         Berkomunikasi dan menciptakan kesadaran dengan mereka yang perlu diberitahu tentang tanggung jawab etis yang ditetapkan oleh Kode Etik ini.

23.         Memegang tanggung jawab untuk menyadari dan menetapkan batasan-batasan yang jelas, tepat dan peka terhadap budaya yang mengatur interaksi, baik secara fisik maupun tidak.

24.         Tidak berpartisipasi dalam hubungan seksual atau romantis dengan Klien atau Sponsor. Saya akan selalu memperhatikan tingkat keintiman yang pantas untuk hubungan tersebut. Saya akan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah ini atau membatalkan perjanjian tersebut.

Bagian IV - Tanggung jawab kepada masyarakat

Sebagai seorang Profesional ICF, saya

25.         Menghindari diskriminasi dengan menjaga keadilan dan kesetaraan dalam semua kegiatan dan operasional, dengan tetap menghormati aturan dan praktik budaya setempat. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, diskriminasi berdasarkan usia, ras, ekspresi gender, etnis, orientasi seksual, agama, asal kebangsaan, kecacatan, atau status militer.

26.         Mengakui dan menghormati kontribusi dan kekayaan intelektual orang lain, hanya mengklaim kepemilikan materi saya sendiri. Saya memahami bahwa pelanggaran terhadap standar ini dapat membuat saya terkena tuntutan hukum dari pihak ketiga.

27.         Jujur dan bekerja sesuai dengan standar ilmiah yang diakui, pedoman subjek yang berlaku, dan batas-batas kompetensi saya ketika melakukan dan melaporkan hasil penelitian.

28.         Saya menyadari dampak saya dan klien saya terhadap masyarakat. Saya menganut filosofi "berbuat baik" dan "menghindari yang buruk".

5.       IKRAR ETIKA PROFESIONAL ICF:

Sebagai seorang Profesional ICF, sesuai dengan Standar Kode Etik ICF, saya mengakui dan setuju untuk memenuhi kewajiban etis dan hukum saya terhadap klien coaching , Sponsor, kolega, dan masyarakat luas.

Jika saya melanggar bagian mana pun dari Kode Etik ICF, saya setuju bahwa ICF atas kebijakannya sendiri dapat meminta pertanggungjawaban saya atas tindakan tersebut. Saya juga setuju bahwa pertanggungjawaban saya kepada ICF untuk setiap pelanggaran dapat mencakup sanksi, seperti kewajiban mengikuti pelatihan pelatih tambahan atau pendidikan lainnya atau kehilangan Keanggotaan ICF dan/atau Kredensial ICF.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Proses Peninjauan Perilaku Etis termasuk tautan untuk mengajukan keluhan, silakan klik tombol di bawah ini.

Diadopsi oleh Dewan Direksi Global ICF September 2019

Comments

Popular posts from this blog

List Of Feeling 20 with prefix "Ter" and "Di"

Competency 7. Evokes Awareness